AKUNTANSI KLIRING

AKUNTANSI KLIRING

A.   AKUNTANSI KLIRING

Kliring merupakan suatu istilah dalam dunia bank dan keuangan menunjukkan suatu aktivitas yang berjalan sejak saat terjadinya kesepakatan untuk suatu transaksi hingga selesainya pelaksanaan kesepakatan tersebut. Kliring sangat dibutuhkan sebab kecepatan dalam dunia perdagangan jauh lebih cepat daripada waktu yang dibutuhkan guna melengkapi pelaksanaan aset transaksi.

Warkat / Nota kliring :

#         cek,

#         bilyet  giro,

#         wesel  bank  untuk  trasfer  atau  wesel  unjuk,

#         bukti-bukti  penerimaan  transfer  dari  bank-bank,

Syarat-syarat  warkat  yang  dapat  dikliringkan :

#         Ber valuta  Rupiah

#         Bernilai  nominal  penuh

#         Telah  jatuh  tempo  pada  saat  dikliringkan  dan

Jenis – jenis  warkat  kliring  :

a. Warkat  debet  keluar adalah  warkat  bank  lain  yang  disetorkan  oleh  nasabah  sendiri  untuk  keuntungan  rekening  nasabah  itu tesebut.

Contoh  :  Ndari  nasabah  bank  BCA Tengerang  menerima  pembayaran  dari  Tono  nasasbah  bank  BTN  Bekasi  berupa  cek.  Cek  tersebut  disetorkan  oleh  Julia  ke  bank  Windu,  maka  cek  tersebut  dapat  dikatakan  sebagai  warkat  debet  keluar.

b. Warkat  debet  masuk adalah warkat  yang  diterima  oleh  suatu  bank  dari  bank  lain  melalui  BCA  atas  warkat  atau  cek  bank  sendiri  yang  ditarik  oleh  nasabah  sendiri  dan  atas  beban  nasabah  yang  bersangkutan.

Contoh  : Bila  bank  Mandiri   menerima  cek  dari  bank  BCA  atas  cek  yang  telah  ditarik  Ayu  nasabah  sendiri,  maka  cek  tersebut  merupakan  warkat  debet  masuk  bagi  bank  Niaga.

B.   AKUNTANSI KOMITMEN DAN KONTIJENSI

1.  Akuntansi Komitmen

Komitmen adalah suatu janji atau kontrak berupa janji yang tidak dapat dibatalkan secara sepihak dan harus dilaksanakan apabila persyaratan yang disepakati bersama dipenuhi.

>    jenis komitmen

a. Fasilitas pinjaman yang diterima adalah fasilitas yang diterima oleh bank dari bank lain atau pihak lain dan belum digunakan pada tanggal penyusunan laporan keuangan.

b. Fasilitas kredit yang diberikan adalah fasilitas kredit yang telah disetujui oleh bank untuk diberikan kepada nasabah dan masih berlaku untuk digunakan nasabah.

^    laporan komitmen

Laporan komitmen adalah laporan suatu kewajiban bagi bank untuk melaporkan besarnya taguhan atau kewajiban bersih atas seluruh transaksi komitmen yang telah dilakukan.

2. Akuntansi Kontijensi

Kontijensi adalah suatu keadaan yang masih diliputi oleh ketidakpastian mengenai kemungkinan diperolehnya laba atau rugi oleh suatu perusahaan yang baru akan terselesaikan dengan terjadi atau tidak terjadinya satu atau lebih peristiwa di masa yang akan datang.

Kontijensi tagihan terdiri dari :

a.   Bank garansi yang diterbitkan oleh bank lain.

Bank garansi oleh bank lain adalah semua bentuk garansi atau jaminan yang diterima oleh bank yang mengakibatkan tagihan kepada pihak bank penjamin bila pihak yang dijamin melakukan ingkar janji atau wanprestasi di kemudian hari.

b.   Pembelian opsi valuta asing

opsi adalah perjanjian yang memberikan hak pilihan kepada pembeli opsi untuk menggunakan atau tidak menggunakan dalam kontrak jual beli valuta asing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: