Akuntansi Jasa Bank

Akuntansi Jasa Bank

Yang termasuk ke dalam komponen Akuntansi Jasa Bank adalah:

– Transfer Dalam Negeri.

Transfer adalah suatu  jenis kegiatan jas bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu yang sesuai dengan perintah yang  memberi amanat yang di tunjukan untuk keuntungan seseorang yang ditujukan sebagai penerima transfer (beneficiary). Pengiriman uang dibagi 2, yaitu :

a. Pengiriman uang keluar (transfer keluar).

satu jenis pengiriman uang yang dapat menyederhanakan lalu lintas pembayaran dengan cara pengiriman uang keluar (transfer keluar).

b. Pengiriman uang masuk (transfer masuk).

transfer masuk, dimana bank menerima dari salah satu cabang untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang (beneficiary).

– Dalam proses transfer, terdapat empat pihak yang terlibat       didalamnya, yaitu :

> Remitter yaitu pihak yang mengajukan permohonan pengiriman  uang tersebut.

> Beneficiary yaitu pihak yang menerima pengiriman uang dari remitter itu sendiri.

> Remiting Bank yaitu yang melakukan pengiriman uang berdasarkan permintaan remitter itu sendiri.

>  Paying Bank yaitu bank yang melakukan pembayaran uang kepada beneficiary.



Inkaso Dalam Negeri

Inkaso merupakan kegiatan jasa bank untuk melakukan amanat dari pihak ketiga berupa penagihan sejumlah dana kepada seseorang atau badan tertentu di kota lain yang telah ditunjuk oleh yang memberi amanat itu sendiri.

Ž           Letter of Credit Dalam Negeri

Letter of Credit yang diterbitkan dalam valuta Rupiah yang dimaksudkan untuk menjamin kelancaran perdagangan dalam negeri. Keuntungan Letter of Credit bagi bank Memperluas jaringan pelayanan kepada Masyarakat dan Mendapatkan pendapatan komisi. PROSES Letter of Credit :

a.   Pembeli (Importir) dan Penjual (Eksportir) yang mengadakan       perjanjian jual beli barang tersebut (Sales ContracT).

b.   Pembeli mengajukan (membuka) Letter of Credit di Opening Bank.

c.   Berdasarkan aplikasi, opening bank akan meneruskan Letter of Credit ke Advising bank.

d.   Letter of Credit berikut dokumen diserahkan ke penjual itu.

e.   Setelah menerima dokumen Letter of Credit, Penjual mengirim barang kepada Pembeli sesuai dengan perjanjian yang telah di setujui.

f.   Bukti pengiriman barang diserahkan ke Bank Pembayar dan pada Pembeli itu.

g.   Setelah mempelajari dokumen, Bank pembayar akan melakukan pembayaran kepada penjual itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: